Tips Sederhana Melawan Rasa Lelah

  • 01 Oktober 2013
TIPS SEDERHANA MELAWAN RASA LELAH
Rasa lelah memang manusiawi terutama setelah anda bekerja seharian. Namun apabila anda terus merasa kelelahan setiap harinya, ini mungkin berhubungan dengan gaya hidup anda yang kurang sehat. Untuk itu sebaiknya anda mulai menerapkan gaya hidup sehat. Membuat beberapa perubahan kecil rutinitas harian bisa memberikan manfaat positif bagi kebugaran tubuh anda.
 
Aktivitas Sederhana Yang Dapat Melawan Rasa Lelah
1. Sarapan dan pilih menu yang tepat
Sarapan pagi merupakan hal yang sangat penting, dan sebaiknya tidak anda lewatkan. Agar tubuh anda lebih berenergi pilihlah menu sarapan yang tepat dan sehat. Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung serat, karbohidrat kompleks, dan protein. Nutrisi-nutrisi ini berperan sebagai bahan bakar dan menjaga tubuh anda dari rasa lemas atau lesu hingga siang hari.
 
2. Olahraga
Mencari waktu untuk berolahraga secara rutin pada hari kerja memang tampak mustahil. Namun sebaiknya anda mengusahakan dan menyempatkan waktu untuk berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Anda cukup menyempatkan waktu di pagi hari sebelum berangkat kerja untuk melakukan jogging, jalan kaki, dan aktivitas ringan lainnya. Berolahraga secara rutin akan menjaga tubuh tetap bugar dan mencegah rasa lelah berkepanjangan.
 
3. Minum air yang cukup
Tetap terhidrasi merupakan salah satu kunci untuk menyehatkan sistem pencernaan, menjaga kulit tetap bersinar, dan mencegah terjadinya rasa lelah pada tubuh. Sebagai informasi, salah satu tanda-tanda kelelahan tubuh adalah dehidrasi, sehingga minum air putih yang cukup merupakan langkah yang baik untuk mencegah dehidrasi.
 
4. Peregangan
Pekerjaan yang menumpuk dan aktivitas kantor yang padat bisa membuat tubuh terasa pegal-pegal dan lelah. Maka dari itu, beranjaklah dari kursi anda setidaknya selama lima menit untuk sekedar berjalan-jalan mencari udara segar. Selain itu, manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan peregangan di bagian leher, bahu, punggung, dan pergelangan tangan agar tidak terasa kaku.
 
5. Matikan perangkat elektronik sebelum tidur
Sudah jelas bahwa mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya dapat membuat fungsi tubuh berada pada level terbaiknya. Namun jika anda tidur dengan keadaan perangkat elektronik menyala, hal itu bisa mempengaruhi pola dan kualitas tidur anda. Oleh sebab itu, anda sangat dianjurkan untuk menonaktifkan perangkat elektronik di sekitar anda agar tidur terasa lebih nyenyak. Tidur yang nyenyak membuat tubuh anda menjadi bugar kembali pada keesokan harinya.
 
via Health.com | image via firehow.com
  • 01 Oktober 2013

Artikel Lainnya

Cari Artikel